Minggu, 15 Juni 2008

Manfaat Aroma Kopi


Aroma Kopi Cukup Mengaktifkan Otak?

Penelitian membuktikan aroma biji kopi dapat memberikan “baterai extra” untuk menunda tidur anda.

By Kelley Colihan
WebMD Health News

Translated by Husnul Mubarak,S.Ked

June 13, 2008 – Bagaimana dengan bangun pagi dan hanya mencium aroma kopi dapat menguatkan otak anda tanpa meminum seteguk pun? Kebanyakan orang meminum kopi untuk rasanya dan energi yang diberikan, namun ternyata aromanya juga membawa keuntungan tersendiri.

Penelitian terbaru memperlihatkan bagaimana minum kopi dan mencium aromanya mempengaruhi protein dan gen pada otak.

Penyusun penelitian, dipimpin oleh Han-Seouk Seo dari Seoul National University, menulis bahwa ini merupakan salah satu dari riset pertama yang meninjau bagaimana aroma kopi dapat mempengaruhi kita, atau pada riset ini mempengaruhi tikus laboratorium, beberapa dari mereka tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

"Hanya segelintir penelitian yang meninjau tentang efek positif dari aroma kopi” Seo menjelaskan “Penelitian ini merupakan usaha pertama untuk memperjelas efek biji kopi pada stress akibat kurangnya tidur pada otak tikus.

Menggunakan tikus laboratorium dan biji kopi medium roasted Colombian. Seo dkk dari Jepang dan Jerman memeriksa bagaimana aroma kopi mempengaruhi otak tikus jantan dewasa yang “stress” dengan tidur yang kurang dan lainnya yang tidak stress dan membandingkan kelompok ini pada kelompok tikus stress dan tidak stress yang tidak diterekspos aroma biji kopi.

Peneliti memeriksa otak tikus untuk mencoba menjelaskan efek molekuler dari aroma kopi pada otak. Dan inilah yang mereka termukan :

  • Tikus yang kurang tidur dan mencium aroma kopi memperlihatkan aktivitas 17 gen pada otak dengan kadar yang berbeda-beda.
  • Kadar dari protein otak juga berubah menjadi sesuatu yang dapat memiliki efek penenang pada stress atau memiliki fungsi antioxidant.

Tidak berarti bahwa manusia sama dengan tikus lab yang kurang tidur. Namun peneliti menebak bahwa meminum kafein dapat menyebabkan stress akibat kekurangan tidur, bukankah lebih baik hanya untuk mencium aroma kopi untuk membantu meringankan stress tersebut.

Apakah ini berarti bahwa anda perlu menyimpan sekantong penuh biji kopi terpanggang diatas meja kerja anda, mencoba menghirup aromanya untuk menyemangatkan kembali lemasnya tubuh setelah bekerja seharian?

Hasil penelitian ini akan muncul pada Journal of Agriculture and Food Chemistry Edisi Juni

1 komentar:

Afdhil Hafid mengatakan...

boleh saya minta referensi untuk sumber penelitiannya, dok?
email: afdhilhafidh@yahoo.com
terima kasih, dok.