Selasa, 24 Juni 2008

Memperkirakan umur

Memperkirakan Umur dengan Pemeriksaan Jantung

By Miranda Hitti
WebMD Health News
Translated by Husnul Mubarak

June 23, 2008 -- Jika anda menginginkan umur yang panjang, maka perhatikanlah jantung anda -- terutama arteri koroner. Penelitian terbaru menyatakan bahwa bahkan dengan umur 70 tahun ke atas, seseorang dengan arteri koroner yang sehat dapat hidup lebih lama.

Arteri koroner menyuplai darah ke otot jantung. Jika atherosclerosis mulai berkembang pada arteri coroner, serangan jantung akan beresiko terjadi. Penyakit arteri coroner (Coronary Artery Disease/CAD) merupakan pembunuh nomer 1 pria dan wanita di Amerika Serikat.

Plak arteri koroner mengandung kalsium. Mengukur kadar kalsium didalam dinding koroner -- dilakukan dengan CT-Scan khusus jantung -- merupakan tolak ukur dalam mengukur plak..

Berdasarkan dari pemeriksaan tersebut, seorang pasien akan diukur nilai kalsium pada arteri koronernya, disebut sebagai nilai kalsium jantung (cardiac calcium score) atau skor Agustan. Semakin rendah nilai tersebut, maka semakin baik keadaannya.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology, membenarkan hal tersebut untuk seseorang dengan umur 70 tahun ke atas.

Suatu penelitian melibatkan 3570 orang berumur 70 tahun ke atas di Nashville, Tenn., dan Torrance, California. Mereka menjalani pemeriksaan CT Scan jantung dan nilai kalsium koronernya dinilai; setengah dari jumlah pasien tersebut adalah wanita.

Selama masa pengamatan, dimana rata-rata sekitar 6 tahun, 838 partisipan meninggal. Seperti yang diperkirakan, yang lebih muda hidup lebih lama, dan wanita hidup lebih lama daripada pria.

Namun bukan itu yang menjadi point utama. Nilai kalsium arteri koroner memprediksi siapa yang meninggal dan siapa yang tidak selama masa pengamatan, tanpa memperhatikan umur dan faktor lainnya.

Dengan kata lain, seorang lansia dengan nilai kalsium arteri koronernya sangat rendah mungkin hidup lebih lama dibandingkan seseorang yang lebih muda dengan nilai kalsium arteri koroner lebih tinggi.

Penelitian ini menelusuri kematian tersebut akibat penyebab tertentu, tidak hanya kematian akibat penyakit jantung Namun kebanyakan kematian pada umur dewasa terkait pada penyakit kardiovaskuler" ditulis oleh tim peneliti, termasuk seorang ahli cardiology dari Emory University, Palo Raggi, MD.

tim Raggi menyimpulkan melihat umur seseorang dan menggunakan nilai kalsium arteri koroner dapat mengidentifikasi individu yang beresiko tinggi.

Berapapun umur anda, kunci untuk memiliki arteri koroner yang sehat adalah pola makan yang sehat, gaya hidup yang aktif, dan perawatan medis yang tepat.

Tidak ada komentar: