Minggu, 01 Juni 2008

Erotomania

EROTOMANIA

Erotomania merupakan suatu gangguan yang jarang ditemukan dimana seseorang mempunyai dan meyakini kepercayaan yang kuat bahwa seseorang lain dari status sosial yang lebih tinggi mencintai atau mempunyai hubungan yang intim darinya.

Erotomania juga disebut de Clérambault's syndrome, setelah psikiater Perancis, Gaetan Gatian Clerambault (1872-1934), menyusun makalah komprehensif tentang gangguan ini.

Istilah erotomani juga biasanya digunakan untuk suatu keadaan klinis yang tidak spesifik mengenai hasrat cinta atau sex yang berlebihan yang juga disertai dengan preokupasi akan hal tersebut.

Inti dari sindrom ini yaitu dimana pasien ini mempunyai waham (kepercayaan yang salah) bahwa seseorang lain, biasanya dengan status sosial lebih tinggi, secara sembunyi-sembunyi mencintai dirinya. Penderita juga percaya bahwa seseorang tersebut menyatakan cintanya secara tidak langsung dengan postur tubuh, penyusunan perabot rumah tangga, dan dengan cara yang tidak mungkin lainnya. Subjek dari waham biasanya tidak memiliki kontak dengan pasien, yang selalu mengaku bahwa Subjek lah yang memulai "percintaan". Waham erotomania biasanya ditemukan sebagai gejala utama gangguan waham menetap atau dalam bentuk skizofrenia

Biasanya subjek waham tersebut tidak benar-benar nyata, walaupun sering ditemukan, subjek adalah seseorang figur seperti penyanyi, aktor, dan politikus. Erotomania dikatakan sebagai salah satu sebab dari menguntit atau pemicu pelecehan

Percobaan pembunuhan terhadap Mantan Presiden US, Ronald Reagan oleh John Hinckley, Jr. dilaporkan telah diakibatkan oleh waham erotomania dari Hinckley yang merasa artis Jodie Foster akan membeberkan ke publik bahwa ia cinta kepadanya setelah ia membunuh sang presiden. Hinckley sendiri bebas dari jeratan hukum karena dinyatakan memiliki gangguan jiwa (skizofrenia)

Seorang komedian David Letterman dan pensiunan astronot, Story Musgrave juga pernah merupakan target waham dari Margaret Mary Ray. (dikutip (www.wikipedia.com) dan diterjemahkan oleh Husnul Mubarak

CONTOH KASUS :

Nama : Ny. SH
Umur : 38 tahun
Status perkawinan : Belum menikah
Diagnosa Sementara : Skizofrenia Paranoid (F.20.0)

Kutipan Autoanamnesis

DM : Sekarang ibu masih kerja ya?

P : Saya sudah Berhenti dok, karena bos saya suka sama saya, katanya saya mau diajak kawin, tetapi saya tidak mau karena saya sudah punya suami.Saya orang setia.

DM : Oh Ibu Sudah menikah ya?saya pikir ibu belum menikah, karena keluarga ibu mengatakan ibu belum menikah . Coba ibu ingat kembali?

P : Sudah pak Dokter, tapi dia dibunuh sama teman kerjanya

DM :Memangnya dia kerja sebagai apa?

P: Dia kerja di Toraja Pak Dokter

DM : Dia kerja apa disana?

P : Dia kerja sebagai bupati

DM :ah, yang benar saja?Bupati Toraja sudah punya istri dan itu bukan ada.

P : Tidak pak dokter, saya istri pertamanya

Analisa

Pasien merupakan seseorang dengan ekonomi yang kurang (pasien bangsal JPS di RS Dadi, Makassar). Namun pasien mempertahankan kepercayaan bahwa dia memiliki hubungan yang dekat dengan seorang dengan status sosial yang tinggi seperti bos tempat ia bekerja dan yang paling terlihat pada saat pasien mengaku bahwa bupati Toraja telah menjadi suaminya (ia bahkan belum pernah menikah). Pada wawancara berikutnya pasien juga berencana menikah lagi dengan agen FBI yang kerja di Amerika.
Aduuuuh ibu SH, "jangan gila doooong"


2 komentar:

Bayu mengatakan...

ooo.. jadi semua erotomania masuk di skizo parno?
Btw, adakah PPDGJ-III ini?

Husnul Mubarak mengatakan...

bukan karena erotomanianya dia masuk paranoid tapi dia merasa ada yang ingin mencelakainya, ada yang ingin memperkosanya, tapi tidak saya cantumkan semuanya autoanamnesisnya bayu,bisa kepanjangan nanti, hehe...